Pelatihan E-Learning Berbasis Moodle untuk Pengembangan Dosen Baru dalam meningkatkan Proses Pembelajaran
Keywords:
E-Learning, Open Source, Metodologis, Tradisional, Era DigitalAbstract
Penggunaan teknologi pendidikan, khususnya E-Learning, telah menjadi komponen penting dalam proses pembelajaran di era digital. Pengembangan kemampuan dosen dalam pemanfaatan dan integrasi platform E-Learning, khususnya Moodle, merupakan hal yang krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan intensif kepada dosen-dosen baru di Universitas Bumigora dalam pemanfaatan Moodle, sebuah sistem manajemen pembelajaran open-source yang umum digunakan. Pelatihan ini mencakup aspek-aspek teknis dan metodologis dalam perancangan serta pengelolaan kursus online. Selain itu, pengabdian ini juga mendukung dosen dalam mengadaptasi kurikulum tradisional ke dalam model pembelajaran berbasis E-Learning yang efektif. Harapannya, hasil dari pengabdian ini akan meningkatkan kompetensi dosen dalam pemanfaatan E-Learning, yang pada akhirnya akan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa dan mengangkat mutu pendidikan tinggi di era digital
References
Apriliyanti, M. (2022). Penerimaan E-Learning Dengan Technology Acceptance Model Pada Uin Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(3).
Hikmah, I., Rochmanto, R. A., Yusro, M., Nurlaili, N., Permatasari, I., & Ikhwan, S. (2022). Pengimplementasian Learning Management System (LMS) untuk Membantu Pembelajaran Daring di SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(1). https://doi.org/10.20895/ijcosin.v2i1.378
Kamal, M. F., & Apriani, R. (2022). Pengaruh Perkembangan Teknologi Di Era Digital Terhadap Investasi Dan Pasar Modal. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum Dan …, 9(1).
Khomsiyatun, U. (2019). Pola Pengembangan Literasi Bahasa Pada Anak Studi Kasus Di PAUD Wadas Kelir. JUrnal Metabasa, 1.
Koes H, S., Fawaiz, S., Suryadi, A., Tazkiyah, A., Darmawan, A., & Nurhidayah, K. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Hybrid Dengan Menggunakan E-Learning Untuk Guru Fisika SMA di Situbondo Selama Masa Pandemi. Sarwahita, 18(01). https://doi.org/10.21009/sarwahita.181.10
M Nur, M. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Website Elearning Madrasah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Ipa MAN 2 Kota Palu. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.24239/pdg.vol10.iss2.159
Marhaeni, N. H., & Wulanningtyas, M. E. (2022). Pelatihan Pembuatan E-Learning Moodle Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMA Dharma Amiluhur. Surya Abdimas, 6(2). https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1697
Purwanto, A., Risdianto, E., Putri, D. H., Masito, F., & Oka, I. G. A. A. M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Powtoon dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru SMAN 4 Kepahiang. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(2). https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.23
Rihlah, J., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Authar, N. (2022). Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar melalui Pendampingan Penyusunan RPP berorientasi Kecakapan Abad 21. Indonesia Berdaya, 3(3). https://doi.org/10.47679/ib.2022256
Risdianto, E., Parwito, P., & Kusen, K. (2022). Pelatihan Pengelolaan E-Learning Menggunakan Metode Blended Learning di Universitas Muhamadiyah Bengkulu. DIKDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.58723/dikdimas.v1i1.15
Setiyaningsih, D., Astriani, L., Bahfen, M., Soviana, W., & Al Ghani, M. (2022). Pelatihan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Pada Guru Sekolah Dasar Islam Harapan Ibu Pondok Pinang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1618
Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Arsyad, S. N., & Asdar, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Learning Management System Menggunakan Moodle Gnomio untuk Tenaga Pengajar di Lembaga Pendidikan Permata Bunda. TONGKONAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i1.1520
Tanjung, M. R., & Chaerowati, D. L. (2023). Representasi Komunikasi Persuasif Kepemimpinan Mehmed II dalam Film Series. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i1.6741