Sosialisasi Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Menggunakan Metode Jarimatika

Authors

  • Istin Universitas Bumigora
  • baiq dinda Universitas Bumigora
  • R. Ayu Ida Aryani Universitas Bumigora
  • Ni Putu Sinta Dewi Universitas Bumigora
  • Muliani Universitas Bumigora

Keywords:

Berhitung, Metode Jarimatika, Sosialisasi, Metode Jarimatika

Abstract

Tujuan pengabdian adalah untuk menyelesaiakn masalah yang dihadapi oleh mitra yaitu tetang berhitung pada anak usia dini. Lebih dari 80% siswa pada usaha dini belum bisa berhitung secara manual. Pada kasus ini siswa kekurangan informasi terkait cara berhitung  cepat dan menganggap bahwa berhitung sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Metode ysng digunakan adalah tatap muka, dengan pemberian pre-tes diawal kegiatan, bermain dan bernyanyi, penyampaian materi, kuis, dan post-tes. Dari hasil evaluasi selama pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, tim pengabdian dapat menyimpulkan  bahwa kegiatan sosialisasi berhasil dilihat dari hasil nilai rata-rata untuk pre tes dan post test dari masing-masing perhitungan setelah tim memberikan materi yaitu: rata-rata pre test senilai  55,7 diantara 20 siswa, persentase siswa tidak tuntas 76% atau 14 siswa tidak tuntas dan persentase siswa tuntas sebesar 24% atau 6 siswa. Setelah pemberian materi dilaksanakan dan post-test dilakukan terdapat kenaikan nilai mahasiswa dengan nilai rata-rata 77 diatara 20 siswa, persentase siswa tidak tuntas 27% atau 7 siswa sedangkan siswa yang tuntas 73% atau 13 siswa.

References

Aritonang, L. A., and Elshap, D. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal CERIA, 2(6), 363–369.

Ariyani, N., Azizah, N. L., & Amir, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Hitung Anak Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Permainan Kreatif Metode Jarimatika. Abdimas Jurnal Terapan, 7(2), 1–7.

Elihami, E., and Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Non Formal, 1(2), 16–31.

Febrizalti, T., and S. (2020). Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1840–1845.

J, P. S., Reswita, & Putri, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Dinda Kids Kota Pekanbaru. Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 2(1), 49–60.

Maulid, R., Thoyyibahi, Puspitasari, T., Hardi, T., & Haryono, W. (2021). Sosialisasi Dan Optimalisasi Penggunaan Internet Pada Usia Remaja Dan Trik-Trik Berhitung Pada MI Miftahul Huda Desa Dangdang. PEMANAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 1(1), 75–82.

Musi, M. A. (2016). Peningkatakan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Indonesia Journal of Educational Studies (OJS), 19(1), 36–41.

Saputri, L. D., Putri, R., Amelia, M., & Indah, S. (2023). Sosialisasi Cara Berhitung Dengan Teknik Jarimatika Kepada Siswa SMP Negeri 1 Pinoh Utara. Dedikasi, 3(2), 203–208.

Syafira, V. Y., & Anwar, A. S. (2023). Sosialisasi Tentang Bahan Ajar Jarimatika Pada Siswa Kelas 5 Di SD Negeri Pangulah Utara. Abdima : Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 4740–4748.

Tang, M. P., & M.T.Dony, P. (2021). Perkalian Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar GMIT Abangiwang Desa Bunga Bali Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor. Prosiding Seminar Nasional (UNIMUS), 4(1), 1–13.

Wulandari, C. (2013). Pembelajaran Berhitung Penjumlahan dengan Jarimatika. BIOMA: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan MIPA, 8(1), 1–11.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Aziza, I. F. ., dinda, baiq, Aryani, R. A. I. ., Dewi, N. P. S. ., & Muliani. (2024). Sosialisasi Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Mengabdi Dari Hati, 3(1), 39–48. Retrieved from http://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/article/view/108

Issue

Section

Author Guidelines

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.