Pelatihan Dasar Robot Line Tracer Analog Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • wirajaya kusuma universitas bumigora
  • Muhammad Zulfikri Universitas Bumigora
  • Sirojul Hadi Universitas Bumigora
  • Muhammad Arfa Universitas Bumigora

Keywords:

Pelatihan Robotika Pemrograman, Keterampilan Teknologi

Abstract

Pelatihan robotika dasar telah menjadi pendekatan yang semakin populer dalam membantu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat  memperoleh pemahaman tentang konsep teknologi modern. Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa dengan dasar-dasar robotika, pemrograman, dan keterampilan praktis lainnya yang relevan dengan dunia teknologi saat ini. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengevaluasi program pelatihan robotika dasar yang telah dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Bintaro. Hasil pelatihan ini menunjukkan siswa telah berhasil merakit robot line tracer analog. Siswa peserta pelatihan ini sangat antusias mengikuti pelatihan dan sebagian besar siswa memiliki ketertarikan dan motivasi dalam bidang robotika.

References

Lutfi, O. :, Indrawan, N., & Pramono, H. S. (2018). Pengembangan Sistem Navigasi Robot Dengan Three Omni-Directional Wheels Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Robotika. Prodi Pendidikan Teknik Elektro.

Rinanto, S., Subiyanto, L., Endrasmono, J., Santoso, M. Y., Hardiyanti, F., Afiyuddin, A. E., Prasojo, B., Apriani, M., Stiyoko, A. S., & Khumaidi, A. (2019). Pelatihan Robot Line Tracer Analog untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah MuhammadiyahWonorejo 27 Surabaya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(2), 15–22.

Rohman, A., Aditama, J., Arifin, M. B., Rahmawati, R., & Sendari, S. (2018). Rancang Bangun Smart Cleaner Robot sebagai Robot Pengambil dan Pemilah Sampah. Seminar Nasional Fortei7.

Sardi, J., & Habibullah, H. (2022). Pelatihan Robot Line Follower untuk Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Sungai Limau. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24036/sb.02180.

Siswanto & Sigit, H., T. (2019). Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower Untuk Meningkatkan Pengetahuan Robotika Pada Siswa SMK Negeri 1 Kramatwatu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 230–240.

Siswono, A., Arianto, E., & Noviyanto, A. H. (2023). Pelatihan Pengenalan Teknologi Line Follower Robot Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas Regina Pacis Surakarta. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2). 114–119.

Suwasono, & Nurdin, M. N. B. (2017). Pengembangan Media Ajar Line Follower Analog Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Elektronika Industri. Jurnal Pendidikan.

Widiastuti, I., Arifin, S., & Widiawan, B. (2016). Peningkatan Kreativitas Siswa SD Negeri Karangrejo 2 Melalui Ekstrakurikuler Robotika. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN.

Yanti, D., Dzulkiflih, Ermawati, F. U., & Zainuddin, A. (2022). Pelatihan Dasar Robot Line Tracer AnalogBagi Siswa MAN 1 Jombang. Madaniya, 3(4), 1029–1037.

Yusuf, M., Isnawaty, & Rahmat, R. (2016). Implementasi Robot Line Follower Penyiraman Tanaman Otomatis Menggunakan Metode Proportional–Integral–Derivative Controller (PID). SemsnTIK.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

kusuma, wirajaya, Zulfikri, M., Hadi, S., & Arfa, M. (2024). Pelatihan Dasar Robot Line Tracer Analog Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mengabdi Dari Hati, 3(2), 99–104. Retrieved from http://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/article/view/133

Issue

Section

Author Guidelines

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.