Pendidikan Literasi Teknologi untuk Pesantren dalam Rangka Mendukung Merdeka Belajar di Pondok Pesantren

Authors

  • Gilang Primajati Universitas Bumigora
  • Erwin Suhendra Universitas Bumigora
  • Ahmad Zuli Amrullah Universitas Bumigora
  • M Tontowi Jauhari Universitas Bumigora
  • Nakzim Khalid Siddiq Universitas Bumigora

Keywords:

Literacy, Boarding School, Education

Abstract

Pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kian meluas ke bidang pendidikan. Untuk mengimplementasikan teknologi tersebut diperlukan upaya untuk menggalakkan gerakan literasi teknologi. Literasi teknologi informasi sangat penting sebagai bagian dari kegiatan literasi pesantren. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran empirik mengenai pengelolaan Pembelajaran menggunakan teknologi informasi di Pondok Pesantren Hikmatusysyarief Narmada serta menggalakan para santri untuk memahami penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran secara komprehensif. Pengabdian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan pengelolaan pembelajaran literasi teknologi informasi serta pemahaman santri tentang penggunaan teknologi di Pesantren Hikmatusysyarief Narmada. Pengumpulan data melalui observasi pembelajaran, wawancara dan dokumentasi.

References

Amrullah, A. Z., Primajati, G., & Soraya, S. (2021). Coaching Class Trading Saham LQ-45 untuk Mahasiswa Universitas Bumigora. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1029

Astini, N. K. S., Saleh, B., & Syarifuddin, S. (2015). Literasi teknologi informasi dan komunikasi masyarakat di Kawasan Mamminasata. Jurnal Perkommas, 18(3), 151–160. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/1180301/258

Hammad, R., Latif, K. A., Rismayati, R., & Fadli, H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al - quran dengan Metode Iqro ’ untuk Anak Usia 3 - 10 Tahun. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 113–120.

Muhlisin, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Audio Visual di MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1).

Primajati, G., & Aprianto, D. (2018). BATU “ Bale Terpadu ” untuk Meningkatkan Motivasi Anak-anak Sekolah di Lombok Tengah. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 70–76.

Primajati, G., Sofian, A., & Hidayat, E. (2020). Bale Terpadu untuk Mengatasi Trauma akibat Gempa Bumi Lombok pada Anak - anak Usia Sekolah di Kabupaten Lombok Utara. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 26–35.

Rosyida, I. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Literasi Teknologi di Pesantren. Jurnal Syntax Administration, 1(6), 696–710.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya.

Syaiful Hamzah Nasution. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(April), 14–18.

Syarifuddin, S. (2014). Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i2.14

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Primajati, G. ., Suhendra, E., Amrullah, A. Z. ., Jauhari, M. T. ., & Siddiq, N. K. . (2022). Pendidikan Literasi Teknologi untuk Pesantren dalam Rangka Mendukung Merdeka Belajar di Pondok Pesantren. Jurnal Mengabdi Dari Hati, 1(1), 17–22. Retrieved from http://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/article/view/2

Issue

Section

Author Guidelines