Pelatihan Desain Label Produk UMKM Strawberry Berbasis Coreldraw
Keywords:
Brand, Design, UMKM, Strawberry, NapuaAbstract
Suatu brand diciptakan oleh perusahaan dengan tujuan agar membedakan antara produk yang satu dengan produk lain, serta untuk identifikasi produk agar berbeda dengan kompetitornya. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman tentang branding dan label pada kemasan produk serta manfaatnya, memberikan pemahaman tentang penggunaan aplikasi coreldraw, memberikan pelatihan serta pendampingan tentang cara mendesain label produk menggunaan aplikasi coreldraw, memberikan gambaran umum dampak positif dan negative tentang labeling produk, dan memberikan secara simbolis label produk strawberry Napua kepada owner. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah ceramah/presentasi, pendampingan pelatihan desain, dan monitoring atau evaluasi kegiatan. Hasil yang dicapai yaitu meningkatnya pemahaman pelaku usaha tentang pentingnya brand dan label pada sebuah produk, meningkatnya kualitas kemasan produk melalui brand dan label yang tertera pada kemasan, dan meningkatnya hasil pendapatan pelaku usaha UMKM Strawberry di Napua.
References
Adi, R. (2019). The Power of CorelDraw. Gramedia.
Darmawan, A., Moussadecq, A., Rohiman, & Kurniawan, H. (2022). Pelatihan Branding Produk UMKM Bagi Warga Kelurahan Mulyo Jati Kota Metro. Publika Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25–31.
Fauziah, A. (2016). Perancangan Visual Branding Kota Padangsimdimpuan. DEKAVE Journal Desain Komunikasi Visual, 4(1).
Fitri, D. A., & Mansur. (2018). Pelatihan Desain dan Promosi Online Produk Kerupuk Ikan dan Kerupuk Sagu di Kuala Alam Kecamatan Bengkalis. Jurnal Batoboh Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 48.
Kurniawan, T. A., Ketua, M. K., Anggota, M. K., Santoso, T. B., & Anggota, M. K. (2021). Pelatihan Desain Grafis dengan Menggunakan Aplikasi Corel Draw , Photoshop , dan Adobe Illustrator bagi Guru SMA Sederajat di Lingkungan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan.
Lita, R. P., Meuthia, M., Surya, S., & Rahmi, D. (2020). Inovasi Produk Berbasis Desain Digital Pada Tenun Kubang di Kabupaten Limapuluh Kota. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 345–350.
Nugraheni, E. Y., Hidayat, A., & Fitriani, Y. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kreatif melalui Desain Produk Kerajinan pada UKM Mads Sasirangan Kabupaten Banjar. ILUNG: Jurnal Pengabdian Inovasi Lahan Basah Unggul, 2(1), 59–65.
Rachman, E., Antu, Y., & Mohi, E. M. H. (2022). Pengembangan Kewirausahaan dan Daya Saing UKM Fani Bordir Melalui Produk Unggulan Lokal di Kelurahan Lilowo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Bima Taruna Gorontalo, 1(1), 19–25.
Rofieq, M., Ditya, P., & Farida, L. (2018). Model Pendampingan UMKM Bidang Kerajinan Menjadi Start-Up Sukses di Kota Malang. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 3(2), 1–8.
Wetari, S., & Nyoman, N. (2017). Sejarah Desain Grafis Dunia dan Indonesia. Graha Ilmu.