Membangun Karakter CERIA melalui Pendekatan Holistik Integratif (Cleanliness, English Literacy, Arrangement of Time)
Keywords:
Holistik Integratif, Kebersihan, Literasi, Disiplin waktuAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk membangun karakter sadar akan kebersihan sejak dini, disiplin waktu serta mengasah kemampuan literasi dan pemahaman bacaan baik berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada siswa/siwik TK DOREMI. Kegiatan ini berlangsung melalui pendekatan holistik integratif dengan bantuan metode demonstrasi, bercerita, bernyanyi, tanya jawab, pembiasaan dan keteladanan. Tahapan pelaksanaan yang dilakukan yaitu: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Mitra pelaksanaan kegiatan ini adalah TK DOREMI Mataram, dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2022. Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan holistik integratif dengan tiga topik pembelajaran dan karakter yakni kesadaran akan kebersihan, literasi dan disiplin waktu menarik antusias, respon aktif siswa-siswi untuk memperagakan, bercerita, menyampaikan tanggapan serta dapat menarik kesimpulan dan keteladanan dari suatu bacaan dongeng. Besar harapan kedepannya kegiatan pembelajaran secara holistik integratif ini dapat diterapkan secara berkesinambungan untuk membangun dan memperkuat karakter anak.
References
Hajati, K., & Fisika, P. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1).
Hidayati, U. (2017). Pendidikan Holistik Integratif Di Raudlatul Athfal (Ra) Integrative Holistic Education At Raudlatul Athfal (Ra) (Vol. 15, Issue 2). http://jurnaledukasikemenag.orgthisisanopenaccessarticleundercc-by-salicense.
Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. (2020). Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Purwakarta. 6(2), 2581–0413.
Khair, H. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter di Era Pandemi Covid-19. Cross-Border, 4(2), 581–590.
Putra Raharja, S. (2019). Memperkuat Pelembagaan Model Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (Paud Hi) Di Kabupaten Sorong Dan Kabupaten Raja Ampat (Strengthening institutionalization of HI ECD model in Sorong and Raja Ampat District). Juli, 2(2), 18–28.
Rahayu, D. I., & Suarta, I. N. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk MengembangkanPotensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Hijriyani, Salis dan Machali, Imam. (2017). Pembelajaran Holistik Integratif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Cashflow Quadrant Pembelajaran Holistik Integratif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Cashflow Quadrant di RA Al Muttaqin Tasikmalaya Imam Machali. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 2017. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal
Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Evaluasi Input Standar Sarana dan Prasarana pada Lembaga PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 186–192. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.153
Ulfah, F. (2015). Manajemen PAUD: pengembangan jejaring mitra belajar. Pustaka Pelajar.