Pelatihan public speaking untuk menciptakan komunikasi efektif dalam perspektif hukum, tekhnologi, bisnis, dan manajemen
Keywords:
Manajemen, Hukum, Bisnis Digital, Teknologi InformasiAbstract
Tujuan pengabdian ini yaitu untuk menyelesaikan permasalahan remaja di Dusun Pegondang yang merasa penting untuk mendapatkan pelatihan Public Speaking karna sebagian besar dari mereka mengaku kurang percaya diri untuk berbicara di depan umum. Metode pengabdian yang dipilih adalah Participatory Action Research. Kegiatan dosen yaitu melakukan penyuluhan, penyampaian materi, dan pendampingan dalam praktek Public Speaking. Subjek pengabdian adalah karang taruna Dusun Pegondang, Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur yang berjumlah 10 orang. Pada proses awal tim pengabdian melakukan perencanaan secara internal, setelah itu tim pengabdian melakukan observasi dan diskusi bersama mitra pengabdian untuk menyesuaikan metode pelaksanaan. Evaluasi dilakukan pasca kegiatan dalam bentuk wawancara semi terstruktur kepada seluruh peserta pengabdian. Berdasarkan hasil post test yang diadakan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan diri remaja Dusun Pegondang untuk berbicara di depan umum. Persentasi progress peningkatan softskill dan hardskill ada di angka 80% karna 8 dari 10 orang yang diwawancarai mengaku kepercayaan diri dan pemahamannya meningkat.
References
Anggriani, R., Jati, L. J., Sidharta, R. B., & Widyasti, B. D. (2022). Pengaruh Motivasi Hedonik terhadap Impulsive Buying dan Compulsive Buying. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 87-96.
Angraini, D. I., Murisal, & Ardias, W. S. (2021). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Sarjana Sumatera Barat. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 12(1), 84-100.
Dermawan, A., & Akmal, A. (2020). Urgensi Perlindungan Hukum Bagi Korban Tindak Pidana Kejahatan Teknologi Informasi. Journal Of Science And Social Research, 2(2), 39-46. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1207/970
Fadli, M. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Ekstra Dan Intra Kampus Terhadap Kemampuan Public Speaking Di Kalangan Mahasiswa. Doctoral dissertation: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1-100.
Fitria, R. A. (2022). Pelatihan Public speaking Untuk Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 74-78.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38-49.
Nurcahyanti, F. W. (2022). Penyuluhan Peranan Orang Tua Terhadap Perkembangan Kesehatan Reproduksi Remaja di Kemantren Danurejan Kota Yogyakarta. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 239-244.
Ritonga, Z. S. (2020). Perencanaan Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Swasta Graha Kirana Medan. Equity In Education Journal, 2(2), 77-87.
Rosida, S. (2021). Pelatihan Keterampilan Public Speaking Dalam Konten Edukatif Melalui Aplikasi Tiktok Pada Remaja Fam (Forum Anak Medan). Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(2), 378-388.
Siregar, E. F., Sembiring, M., & Nasution, I. (2020). Pendampingan mendesain tabungan sederhana sebagai solusi kesadaran menabung bagi anak usia sekolah dasar di Deli Serdang. Jurnal Abdidas, 1(4), 234-241.
Soedjiwo, N. A. (2019). Implementasi Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Magfiroh Denpasar Bali. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Widya Balina, 4(2), 9-19.
Zuber-Skerrit. (1992). Improving Learning and Teaching Through Action Learning and Action Research. HERDSA Conference 1992 University of Queensland. St. Lucia: University of Queensland.