Peningkatan Kemampuan Penggunaan Teknologi Google for Education pada Guru Sekolah Dasar
Keywords:
Primary school teachers, Training, Google for EducationAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru sekolah dasar mitra dalam pemanfaatan teknologi Google for Education. permasalahan yang dihadipi oleh mitra adalah terdapat cukup banyak guru yang memiliki pemahaman dan kemampuan yang kurang dalam penerapan teknologi Google for Education yang mana teknologi tersebut dapat membantu proses belajar dan mengajar. Metode kegiatan yang digunakan adalah pelatihan yang dibagi menjadi 4 tahapan kegiatan mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi. dari hasil evaluasi yang telah dilakukan didapatkan bahwa kegiatan yang dilakukan berjalan dengan baik meskipun terdapat bebera kendala. Hasil dari kegiatan tersebut adalah adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam pemanfaatan teknologi Google for Education.
References
Ainur Rafiq, I., Tristanti, N., Makkie Perdana Kusuma, N., Setyaji, A., Biddinika, M. K., & Sunardi, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Google Apps untuk Pengajaran bagi Para Guru SMPN 43 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.52436/1.jpmi.607
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Bakri, R., Hartoto, H., & Astuti, N. P. (2020). Peningkatan Pengetahuan SDM Melalui Pendampingan Manajemen Data Sekolah Digital menggunakan Drive di G Suite for Education. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.53860/losari.v2i2.34
Fajri, M., Priambodo, B., & Jumaryadi, Y. (2021). Socialization of The Google Docs Usage as a File Collaboration Media During Pandemic. International Journal of Community Service Learning, 5(4). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40922
Irmayana, A., & Aini, N. (2022). Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Classroom Pada Guru SMA Somba Opu Gowa. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i1.7671
Jahrah, J. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring Melalui Lokakarya Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Platform Google For Education Di SMP Negeri 2 Tarakan. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.646
Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3).
Muhammad Nasrulloh Mubarak, & Jesica Febriani Nura. (2021). Peningkatan dan Pemerataan Pendidikan Melalui E-Learning. Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication, 1(1). https://doi.org/10.52435/complete.v1i1.98
Rosiska, E. (2020). Implementasi Teknologi Informasi Website Pada Home Industry Sebagai Media Promosi Dan Penjualan (Studi Kasus: Usaha Roti Dapoer Yuri). Computer Based Information System Journal, 8(2). https://doi.org/10.33884/cbis.v8i2.2421
Siahaan, G. (2019). Orang Tua, Sekolah dan Kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.406
Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. JURNAL INFORMATIKA, 3(3). https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Google Suite For Education Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaboratif Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4470