Pelatihan Implementasi Computational Thinking Dalam Kurikulum Kepada Guru SD Dan SMP di Lombok Utara
Keywords:
Revolusi industri 4.0, Computational Thinking, Bebras, Gerakan PANDAI, CurriculumAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para guru bagaimana cara mengajar para murid dengan mengunakan metode berpikir komputasi yang dapat digunakan diberbagai mata pelajaran. Tahapan pelaksanaan yang dilakukan yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan (sosialisasi & pengenalan, diskusi dan pembahasan soal latihan, pembagian kelompok dan presentasi soal dan alat peraga) dan penutup dan evaluasi. Mitra pelaksanaan kegiatan ini adalah Dinas Pendidikan dan Olah Raga dengan kegiatan dilaksanakan selama lima hari pada tanggal 17-22 Juni 2022 dengan jumlah peserta guru sekolah SD dan SMPsebanyak 51 sekolah yang tersebar di wilayah kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan sosialisasi, pengenalan dan pelatihan CT bahwa kegiatan ini dianggap sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat dalam bidang pekerjaan yang digeluti yaitu pendidikan ditingkat SD dan SMP. Saran terkait dengan kegiatan ini adalah upaya perbaikan secara berkesinambungan pada kegiatan Bebras Indonesia khususnya oleh Biro Bebras Universitas Bumigora untuk tetap dapat berkontribusi dengan baik dan juga lebih baik dengan perbaikan dan pengembangan strategi, salah satunya adalah strategi agar kegiatan implementasi dapat lebih luas dilaksanakan sehingga tujuan mengenalkan kemampuan computational thinking dapat lebih luas dan lebih mendalam diterapkan di Nusa Tenggara Barat khususnya pulau Lombok.
References
Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017
Bebras. (2018). Tentang Bebras Indonesia Kegiatan Bebras Indonesia. Retrieved from http://bebras.or.id/v3/
Diy, K. K. (2021). Menag Dorong Injeksi Computational Thinking pada Madrasah.
Ismarmiaty, Agustin, K., Hairani, Hadi, S., Abdillah, M. N., Indriani, … Hambali, M. S. (2020). Sosialisasi Gerakan Pandai Computational Thinking pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Ikhlas Pendidikan dan Kebudayaan bapak Awaluddin Tjalla di acara Grow with Google di Perpustakaan Nasional Repu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 173–184.
Kotsopoulos, D., Floyd, L., Khan, S., Namukasa, I. K., Somanath, S., Weber, J., & Yiu, C. (2017). A Pedagogical Framework for Computational Thinking. Digital Experiences in Mathematics Education, 3(2), 154–171. https://doi.org/10.1007/s40751-017-0031-2
Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291
Octalia, R. P., Rizal, N., & Siswandari, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges untuk Meningkatkan Computational Thinking dalam Pembelajaran Mandiri sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. In Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional Institut Teknologi Telkom Surabaya (pp. 149–166). Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/download/151/69
Sawitri, D. (2019). Revolusi Industri 4.0 : Big Data Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(3), 1–9.
Sriwinarti, N. K., Apriani, A., Supatmawati, D., Kartarina, K., & Ismarmiaty, I. (2022). Pendampingan Proses Pembuatan Soal Berbasis Computational Thinking kepada Guru pada Guru-Guru Tingkat SD dan SMP Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 209–220. https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1568
Suktiningsih, W., Supatmiwati, D., Gusti, N., & Dasriani, A. (2021). Pengenalan Pemikiran Computational Thinking untuk Guru MI dan MTs Pesantren Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 2(1), 91–102. Retrieved from http://147.139.206.86/index.php/JKuM/article/view/490
Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2016). Defining Computational Thinking for Mathematics and Science Classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127–147. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9581-5