Sosialisasi dan Pelatihan Gerakan Pandai (Pengajar Era Digital Indonesia) pada Guru SDN 8 Sokong Lombok Utara
Keywords:
Gerakan Pandai, Computational thinking, SDN 8 SokongAbstract
PANDAI adalah nama yang dipilih sebagai gerakan mensosialisasikan Computational Thinking, merupakan singkatan dari Pengajar Era Digital Indonesia. Pelatihan Gerakan PANDAI yang berkerjasama dengan Universitas Bumigora ini juga menjadi pelatihan guru pertama yang akan dilaksanakan di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat, dengan melibatkan kurang lebih 400 guru SD dan SMP,salah satunya di SDN 8 Sokong.Jumlah guru yang ada di SDN 8 Sokong adalah 21 orang. Dari sejumlah guru tersebut terdapat 15 orang guru yang belum memahami dan mengimplementasikan Computational Thinking kedalam mata pelajaran yang diampu dan belum sepenuhnya menerapkan kurikulum merdeka di sekolah.Hal inilah yang membuat Sosialisasi Gerakan pandai dilakukan terutama di tahun ajaran 2023/2024.Tahap pelaksanaan kegiatan terdiri dari tahap persiapan,tahap sosialisasi dan pelatihan dan terakhir tahap evaluasi. Hasil dari 21 peserta, ada 95 persen peserta yang menyatakan setuju untuk menerapkan hasil pelatihan Gerakan Pandai yaitu menerapkan proses pembelajaran Computational Thinking kepada siswa kemudian para guru juga menyatakan setuju untuk bergabung pada program-program lanjutan dari Gerakan pandai.
References
Agustiani, E. D. (2020). Guru IPA dan Calon Guru IPA Menghadapi Soal-Soal Berkarakter PISA. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 67–86. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.237
Alnashr, M. S., & Nuraini, L. (2022). Penguatan Keterampilan Computational Thinking Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.35878/kifah.v1i1.392
Apriani, A., Kartarina, K., & Madani, M. (2022). Workshop Computational Thinking untuk Guru MI NW Gelogor, Kediri, Kabupaten Lombok Barat. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.30812/adma.v3i1.1637
Apriani, Marzuki, K., & Muhid, A. (2022). Implementasi Konsep Computational Thinking pada. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 4, 136–142.
Arzaki, M., Meliana, S., Rachmawati, E., Romadhony, A., Toto Wibowo, A., Pudjoatmodjo, B., Purnama, B., Wisaksono Sudiharto, D., Noor Prawira, F., Arif Yulianto, F., Harry Gunawan, P., & Whidiana Ciptasari, R. (2023). Pelatihan Berpikir Komputasional untuk Peningkatan Kompetensi Guru Telkom Schools sebagai Bagian dari Gerakan PANDAI. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1119–1138. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.2988
Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 56. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747
Ayub, M., Wijanto, M. C., Tan, R., Surjawan, D. J., Toba, H., Christianti, M., Edi, D., Bunyamin, H., Adelia, A., & Risal, R. (2023). Pembelajaran Computasional Thinking melalui Program Gerakan Pandai untuk Guru dan PKBM. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 300–309. https://doi.org/10.30651/aks.v7i3.13430
Huda, N., Pratiwi, I. W., Sugito, E., Imran, A. F., Fakhri, M. M., Malik, M., Malang, I., Yogyakarta, U. N., Ibnu, U., Batam, S., & Pangkep, S. D. D. I. (2023). Peningkatan Soft Skill Melalui Program Pelatihan Bebras Challenge Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Siswa SMK. 1, 10–18.
Indonesia, T. O. K. (n.d.). Toki Selenggrakan Bebras Indonesia Challenge 2016. https://toki.id/2016/toki-selenggarakan-bebras-indonesia-challange-2016/
Ismarmiaty, Agustin, K., Hairani, Hadi, S., Abdillah, M. N., Indriani, Ulfayanti, & Hambali, M. S. (2020). Sosialisasi Gerakan Pandai Computational Thinking pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ittihadul Ikhlas Pendidikan dan Kebudayaan bapak Awaluddin Tjalla di acara Grow with Google di Perpustakaan Nasional Repu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 173–184.
Kartarina, K., Madani, M., Supatmiwati, D., Riberu, R. A., & Lestari, I. P. (2021). Sosialisasi dan Pengenalan Computational Thinking kepada Guru pada Program Gerakan Pandai oleh Bebras Biro Universitas Bumigora. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1271
Kustomo, Choirun Nisa, L., & Mustofa, H. (2023). Penguatan Metode Computational Thinking untuk Guru Madrasah dalam Rangka Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Warta LPM, 26(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/warta.v26i1.799
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking : Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975–984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769
Nurul Arifah, S., & Fernando, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi Pengembang Kepribadian Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 295–315. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Sriwinarti, N. K., Apriani, A., Supatmawati, D., Kartarina, K., & Ismarmiaty, I. (2022). Pendampingan Proses Pembuatan Soal Berbasis Computational Thinking kepada Guru pada Guru-Guru Tingkat SD dan SMP Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 209–220. https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1568