Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat dalam Pembentukan Akhlak Santri Kelas VIII PPS MQNH

Authors

  • haeruman rusandi IAI Nurul Hakim
  • Helmiyatun IAI Nurul Hakim
  • Khalid Makky IAI Nurul Hakim

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat, Akhlak

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah: ingin mengetahui pembelajaran kitab Akhlaq Lil Bannat, dan implementasi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Bannat dalam membentuk akhlak santri di kelas VIIl PPS MQNH Nurul Hakim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data lapangan model Miles dan Huberman, yang meliputi data Condensation, data display dan conclusion verification, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab akhlak lil banat bahwasanya pembelajarannya telah terjadwal dan berjalan sebagaimana mestinya. Pembelajarannya dilaksanakan setiap hari selasa dan maghrib dengan menggunakan metode bandongan yang telah di variasi, dimulai dengan pembukaan, mengulas materi, membahas materi baru serta penutup dan do’a, implementasi pembelajaran kitab akhlak lil banat sendiri yaitu santri lebih taat dan patuh terhadap peraturan yang ada, santri dapat membedakan mana perilaku baik dan buruk serta santri juga bisa lebih tertib dan sopan santun kepada orang lain dan evaluasi pembelajaran pembelajaran kitab akhlak lil banat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman santri dan juga untuk mengetahui perubahan tingkah laku disetiap harinya.

Downloads

Published

2024-01-21

How to Cite

rusandi, haeruman, Helmiyatun, & Makky, K. (2024). Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banat dalam Pembentukan Akhlak Santri Kelas VIII PPS MQNH. Journal of Millenial Education, 3(1), 29–46. Retrieved from http://journal.mudaberkarya.id/index.php/JoME/article/view/118