Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak TK dan SD

Authors

  • Muhlisin Muhlisin Universitas Bumigora
  • Risyaf Kudus Pranasa Universitas Bumigora
  • Fadli M. Najmul Universitas Bumigora

Keywords:

Community Service, Training, Curriculum, language

Abstract

Program Pengabdian masyarakat berupa pelatihan bahasa Inggris untuk anak-anak TK dan SD dilaksanakan selama sebulan mulai tanggal 17 Desember 2022 sampai dengan tanggal 7 Januari 2023. Tujuan dari pelatihan bahasa Inggris ini adalah untuk mengenalkan bahasa Inggris untuk anak-anak usia Taman Kanak-kanak (TK) dan juga untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak Sekolah Dasar (SD). Kondisi ekonomi masyarakat dilingkungan Kapitan yang menengah kebawah mempengaruhi kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan, sehingga orang tua merasa pemebelajaran yang didapatkan disekolah sudah cukup, selain itu seiring penerapan kurikulum meredeka yang menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan dan siswa diajarka hanya 2 JP dalam seminggu, mendorong penulis untuk melaksanakan program pelatihan bahasa Inggris sebagai program pengayaan dan juga pengenalan bahasa bahasa Inggris kepada anak-anak. Program pelatihan bahasa Inggris untuk anak-anak TK dan SD berjalan dengan sangat lancar dan baik. Hal ini terlihat dari antusias anak-anak yang mengikuti program pelatihan bahasa Inggris ini sangat tinggi, kemudian hal tersebut juga terlihat dari hasil atau luaran dari program ini, yakni anak-anak menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam penguasaan perbendaharaan kata bahasa Inggris.

References

Fitria, W., Pd, M., Nurhasanah, A. A., Pd, S., Hum, M., Mesalina, J., Pd, S., Pd, M., Suryani, H., Pd, M., Mahmudah, F., Pd, M., Amalia, S., & Pd, M. (2020). http://repository.uinjambi.ac.id/6409/1/Laporan Pengabdian Last-Edit Amel.pdf

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum.pdf

Nurhadi, N., & Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) dan penerapannya dalam KBK/ Nurhadi, Agus Gerradi Senduk. Universitas NEgeri Malang Press.

Phillips, J. K., & Stern, H. H. (1986). Fundamental Concepts of Language Teaching. In The Modern Language Journal (First Edit, Vol. 70, Issue 1). Oxford University Press. https://doi.org/10.2307/328070

Primagama, A. (2022). Apa sih Tujuan Pendidikan di Indonesia? https://primagama.co.id/blog/apa-sih-tujuan-pendidikan-di-indonesia/

Richards, J.C. , Richards, J.C., & Rodgers, T. . (2021). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Seken, I. K. (2015). Pengajaran Bahasa Inggris Glokal: Pendidikan Bahasa Asing Di Bawah Payung Budaya Nasional. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/8849

Tilaar, H. A. R. (1992). Manajemen pendidikan nasional: kajian pendidikan masa depan (W. Nadeak (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Universitas Medan Area. (2021). Tujuan Pendidikan. https://kepegawaian.uma.ac.id/tujuan-pendidikan/

Van Els, Theo., Bongaerts, Theo., and Extra, G. (1984). Applied Linguistics andThe Learning and Teaching of Foreign Languages. Edward Arnold. A Division of Hodder & Stoughton.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Muhlisin, M., Kudus Pranasa, R., & M. Najmul, F. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak TK dan SD. Jurnal Mengabdi Dari Hati, 2(1), 01–08. Retrieved from https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/article/view/31

Issue

Section

Author Guidelines