Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Media Promosi Makanan Khas Lombok

Authors

  • Pahrul Irfan Universitas Bumigora
  • Habib Ratu Perwira Negara Universitas Bumigora
  • Fatimatuzzahra Fatimatuzzahra Universitas Bumigora
  • Mul Alhidayat Universitas Bumigora
  • Khairul Watoni Universitas Bumigora

Keywords:

Canva, Sosial Media, Pemanfaatan

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada masyarakat atau pengunjung dikabupaten NTB khusus nya pulau lombok dalam menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, terutama dalam membuat konten dengan aplikasi Canva. Penggunaan media sosial tidak hanya memasang foto produk tetapi bagaimana mengemas konten produk tersebut menjadi menarik dan ada nilai tawar. Persoalan yang sering dialami pelaku usaha dalam menggunakan media sosial adalah membuat konten yang menarik dan mudah. Upaya untuk memberikan cara membuat konten yang mudah dan menarik adalah dengan menggunakan aplikasi yang menawarkan template-template. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Canva. Dengan Canva, pelaku usaha dapat membuat konten dengan pilihan template yang sudah tersedia, membuat logo, poster, info grafis, newsletter, featured image blog, invoice, thumbnail Youtube serta desain kemasan. Dalam pelaksanaan pendampingan ini, pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan metode diskusi untuk memetakan persoalan yang dihadapai masyarakat atau pengunjung dalam penggunaan media sosial. Diskusi ini digunakan untuk memetakan sejauh mana persoalan dalam membuat konten serta dan penggunaan Canva serta dengan memberikan pelatihan dan pendampingan. Hasil akhir dari kegiatan ini peserta mempunyai gambaran penggunaan Canva

References

Rahmi, E., Cerya, E., & Friyatmi, F. (2020). Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Siswa SMK Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas Berbasis Digital. Jurnal Ecogen, 3(4), 615–621.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

So, A., Bangsa, P. G., & Christiana, A. (2015). Perancangan Video Promosi Wisata Kuliner Dikota Ambon.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Irfan, P. ., Negara, H. R. P., Fatimatuzzahra, F., Alhidayat, M. ., & Watoni , K. . (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Media Promosi Makanan Khas Lombok. Jurnal Mengabdi Dari Hati, 1(1), 31–38. Retrieved from https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/article/view/4

Issue

Section

Author Guidelines

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.