Pembinaan UMKM untuk Meningkatkan Kualitas Produk dengan Pelatihan Desain Kemasan
Keywords:
Pembinaan UMKM, Kualitas Produk, Pelatihan, Desain KemasanAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan istilah umum yang digunakan dalam bidang ekonomi yang menggambarkan usaha ekomoni produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha sesuai dengan kriteria Undang-undang nomor 20 tahun 2008. Tujuan dari kegiatan pengabdian in adalah memberikan pelatihan desain kemasan untuk meningkatkan produk. Mitra hanya berfokus pada pengembangan isi produk sehingga kesulitan bersaing di pasaran karena desain kemasan belum memiliki ciri khas dan desain produk yang menarik. Untuk meningingkatkan kualitas produk maka tujuan dari PkM ini yaitu untuk melakukan pelatihan bagaimana mengembangkan desain kemasan untuk produk UMKM yang menarik dan memiliki ciri khas. Metode yang digunakan yaitu metode Coaching. Hasil dari PKM ini yaitu pelatihan pengolahan limbah kulit kopi menjadi teh herbal cascara celup dan pelatihan desain kemasan pada kelompok Wanita “Elong Tuna” di desa Lantan, kecamatan Batukliang, Lombok Tengah telah berhasil dilakukan.
References
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732
Aprilia, A., & Rani, P. (2020). Pengaruh Metode Pelatihan, Instruktur Pelatihan, Materi Pelatihan Dan Kompetensi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Relawan Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 91. https://doi.org/10.36080/jak.v9i2.1416
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(5), 3–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5304
Husain, Hadi, S., Nasri, M. H., Sujaka, T. T., Widyawati, L., Triwijoyo, B. K., & Lauw, C. M. (2022). Penerapan E-Commerce dalam memasarkan produk UMKM Fitri Mutiara Lombok. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(2), 389–396.
Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. (2020). Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 22. https://doi.org/10.35799/vivabio.3.1.2021.31380
Octasylva, A. R. P., Leonita, S., & Makosim, S. (2020). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM di Tanggerang Selatan. Empowerment in the Community, 1(2), 41–45.
Prihantika, I., Fitriani, Y., & Destrilia, I. (2021). Pelatihan Desain Produk Untuk Pelaku Umkm Komunitas Genro Chapter Metro. Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, 1–4.
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Science and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123.
Sufaidah, S., Aminah, N., Prasasti, M. A., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(3), 152–156.
Taryudi, A., Maulana, D., Hafifah, H., Kistia, J., Hanifah, N., & Hapsari, D. . (2021). Pemulihan Ekonomi Keluarga UMKM Lokal melalui Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Pemasaran Online di Desa Pekandangan Jaya, Kabupaten Indramayu. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 3(1), 27–35. https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/35346
Wiliani, N., Feta, N. R., & ... (2021). Pengenalan Pengenalan Desain Produk dan Packaging pada UMKM Karang Taruna Bogor. Jurnal AbdiMas Nusa …, 3(1), 3–8. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2160%0Ahttps://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/download/2160/835






