Implementasi Manajemen Kurikulum di MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang

Authors

  • halimatuzzahrah halimatuzzahrah IAI Nurul Hakim
  • M. Zulfahmi Akbar Institut Agama Islam Nurul Hakim

Keywords:

Manajemen, Implementasi, Kurikulum

Abstract

Abstract
This study aims to describe the implementation of curriculum management at MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang. The focus of the research is to discuss the planning, organization, implementation and assessment of the curriculum at the madrasa. This research is a descriptive qualitative research. Data collection techniques were carried out by interview, observation and documentation. Data analysis techniques with data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study are where the curriculum preparation is carried out through four stages, namely planning, organizing, implementing and evaluating. Curriculum planning at the madrasah involves all components of the foundation and madrasah supervisors, the curriculum used is the 2013 curriculum. Curriculum organization uses a Separated Subject Curriculum and correlated curriculum with a broad field model. The evaluation process is carried out with written and oral exams at the end of the semester

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum di MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang. Fokus pada penelitian yaitu membahas tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian kurikulum pada madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dimana penyusunan kurikulum dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan kurikulum pada madrasah tersebut yaitu melibatkan semua komponen  yayasan dan pengawas madrasah, kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013. Pengorganisasian kurikulum menggunakan Separated Subject Curriculum dan correlated curriculum dengan model broad field. Proses evaluasi dilakukan dengan ujian tulisan dan lisan pada ahir semester

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

halimatuzzahrah, halimatuzzahrah, & Akbar, M. Z. . (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum di MTs Darussalimin NW Sengkol Mantang. Journal of Millenial Education, 1(1), 23–30. Retrieved from https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JoME/article/view/10

Issue

Section

Articles