Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA
Keywords:
Media Puzzle, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini merupakan upaya pemanfaatan media puzzle untuk memberi peningkatan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA tahun ajaran 2022/2023 SDN 1 Mujirahayu. Penelitian ini di diikuti oleh 22 siswa kelas enam meliputi siswa laki-laki 11 orang dan 11 siswa perempuan. observasi tes dan dokumentasi digunakan sebagai metoda pengumpulan data. Prosesnya melibatkan penerapan Teknik analisis data dengan fase sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini akan mendukung siswa untuk memahami mata pelajaran IPA lebih efektif. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan persentase hasil belajar dari siklus I ke siklus II dibandingkan dengan pra siklus. Persentase sisa yang hasil belajarnya memnuhi KKM pada pra siklus adalah 45,4% dari 22 siswa atau 7 siswa, dan meningkat menjasi 77,2% dari 22 siswa atau 17 siswa pada siklus I. persentase ketuntasan pada siklus kedua hingga 86,3% atau sekitar 19 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelas enam SDN 1 Mujirahayu penggunaan media puzzle mampu memberikan peningkatan signifikan terhadap hsil belajar siswa pada mata pelajaran IPA






