Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Perkalian dengan Media Gambar pada Siswa Kelas II MI Bustanul Mutaalimin Bejaten
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Media gambarAbstract
Tujuan pengkajian ini adalah penggunaan media gambar di kelas II MI Bustanul Mutaalimin Bejaten untuk menaikkan hasil belajar matematika pada pelajaran perkalian penjumlahan berulang. Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) digunakan dalam penelitian ini. Untuk menciptakan peneliti yang menggunakan pendekatan data, data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan data pendukung berupa catatan harian peneliti. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar pada hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 65,00, dan jumlah siswa yang mendapat nilai di bawah KKM (70) menjadi 8 (57,14%) dan di atas KKM (>70) menjadi 6 ( 42,86%). Hasil tes Siklus I menunjukkan bahwa rata-rata siswa memperoleh nilai 82,14, dengan 5 siswa (35,72%) mendapat nilai di bawah KKM (70) dan 9 siswa (64,28%) mendapat nilai di atas KKM (>70). Hasil tes Siklus II menunjukkan rata-rata siswa memperoleh nilai 83,21, dengan 1 siswa (14,29%) mencapai nilai di bawah KKM (70) dan 13 siswa (85,71%) mencapai nilai di atas KKM (>70).






