Analisis Keyword Ads Performance Pada PT. Erajaya Menggunakan Business Intelegence

Authors

  • Muhammad Iqbal Agistany Universitas Bumigora
  • Muhamad Haris Nasri Universitas Bumigora
  • Lilik Widyawati Universitas Bumigora
  • Fatimatuzzahra Fatimatuzzahra Universitas Bumigora

Keywords:

PT Erajaya Swasembada, Keyword Ads, Business Intelligence, Tableau

Abstract

PT. Erajaya Swasembada adalah perusahaan pendistribusi produk telekomunikasi. Dalam memasarkan produk, diperlukan kata kunci khusus, yang dikenal sebagai iklan kata kunci, untuk menilai peringkat kata kunci dalam pencarian penjualan online. Mengimplementasikan Business Intelligence (BI) sangat penting bagi perusahaan ini guna memastikan efektivitas dan efisiensi pengeluaran iklan. Alat ini membantu visualisasi dan analisis data iklan, sehingga perusahaan dapat membuat keputusan yang bijaksana dan memaksimalkan hasil, serta merumuskan strategi bisnis di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan Business Intelligence guna menganalisis kinerja iklan kata kunci di PT. Erajaya Swasembada menggunakan aplikasi Tableau. Metode yang digunakan adalah Business Intelligence Roadmap, yang mencakup tahapan justifikasi, perencanaan, analisis bisnis, desain, konstruksi, dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistem dashboard Business Intelligence melalui aplikasi Tableau, analisis kinerja iklan kata kunci menjadi lebih mudah. Pengguna dapat melihat wawasan yang berharga hanya dalam satu dashboard. Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa implementasi Business Intelligence dengan menggunakan aplikasi Tableau dapat sangat membantu dalam menganalisis kinerja iklan kata kunci di PT. Erajaya Swasembada.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles