Perancangan Sistem Informasi E-Flight Ticket Menggunakan Metode Scrum
Keywords:
E-flight, Scrum, Website, Minimum Viable Product, User Experience QuestionnaireAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah pengembangan aplikasi E-Flight Ticket dengan menerapkan metode scrum. Metode Scrum yang merupakan salah satu framework agile. Pada metode pengembangan perangkat lunak dengan Scrum, dibuat sebuah Minimum Viable Product sebagai produk awal dan proses pengerjaan 3 sprint atau sekitar 6 minggu. Hasil penelitian diuji menggunakan User Experience Questionnaire dengan menggunakan responden yang ada dengan membandingan melalui standar UEQ. Hasil setiap grup penilaian UEQ mendapatkan persentase rata-rata 75,92% untuk grup daya tarik dan mendapatkan nilai interval sangat baik, nilai persentase rata-rata 78,33% untuk grup kejelasan dan mendapatkan nilai interval sangat baik, nilai persentase rata-rata 76,29% untuk Efisiensi dan mendapatkan nilai interval sangat baik, nilai persentase rata-rata 76,29% untuk grup stimulasi dan mendapatkan nilai interval sangat baik, persentase rata-rata 92,59% untuk grup kebaruan dan mendapatkan nilai interval sangat baik. Terakhir, persentase rata-rata 80% untuk ketepatan dan membuktikan mendapatkan nilai interval sangat baik. Dari hasil persentase rata-rata dengan penilaian UEQ membuktikan bahwa menggunakan metode Scrum dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pengembangan perangkat lunak.





